Selasa, 26 Maret 2013

Perhatikan warna paruh dan kaki ayam saat memilih ayam aduan

Perhatikan warna paruh dan kaki ayam saat memilih ayam aduanUntuk seekor ayam aduan yang unggul disamping mempunyai ciri-ciri yang umum anda sebaiknya harus memperhatikan warna paruh dan warna kaki. Karena warna paruh dan warna kaki yang tak seimbang akan
mempengaruhi frekwensi pukulan dari ayam itu sendiri. Yang saya maksud dengan warna paruh dan warna
kaki yang seimbang adalah jika warna sisik kaki kuning dan hitam atau bertotol hitam maka paruhnya harus juga berwarna kuning dan mempunyai warna hitam yang sama berat antara sebelah kiri dengan sebelah kanan.

Disamping itu ayam juga mempunyai garis diatas paruhnya mulai dari ujung paruh sampai kepangkal hidungnya.Biasanya garis diatas paruh berwarna hitam atau berwarna merah saga sesuai dengan warna kakinya.Karena ayam seperti ini sangat bagus mengontrol pukulannya.Ayam seperti ini mempunyai kelebihan disamping bisa mengontrol pukulan,dimanapun paruh lengket maka ayam akan langsung melakukan pukulan dan mempunyai frekwensi pukulan yang tinggi sehingga dengan cepat dapat merobohkan lawan.

Tanda lain yang harus diperhatikan adalah :
  • Jika jari kaki ayam yang paling belakang pendek bararti ayam dapat melakukan pukulan tanpa harus mematuk dulu.Dan biasanya tidak mendorong lawan waktu berkelahi.
  • Jika jari kaki ayam yang paling belakang panjang berarti ayam mematuk dulu baru melakukan pukulan dan ayam seperti ini memiliki pukulan yang lebih keras dari pada ayam yang memiliki jari kaki belakang pendek.Dan biasanya ayam seperti ini lebih suka mendorong lawan waktu berkelahi.
Digelanggang aduan ayam yang memiliki pukulan bagus atau ayam tersebut mempunyai kelebihan dari lawannya seringkali kalah disebabkan merosotnya stamina ayam dan pendeknya nafas ayam aduan tersebut.Disamping dilakukan penjemuran untuk memperpanjang nafas ayam bisa dibantu dengan pemberian telor penyu/kurakura. Telor penyu selain dapat memperpanjang nafas ayam juga bisa untuk memperkuat daya tahan ayam atau stamina ayam.Pemberian telor penyu 2 hari sebelum ayam terjun kegelanggang aduan cukup diberikan satu butir telor penyu. Usahakan untuk ayam yang bertarung atau tray jangan berasal dari induk betina yang sama,kerena salah satu dari ayam akan terkena bisa dari pukulan saudaranya sehinggan akan membuat ayam menjadi cacat.

(sumber: https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=347201591979979&id=206881586011981)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...