Jumat, 26 April 2013

Tips supaya ternak ayam bisa cepat besar dan sehat

Tips supaya ternak ayam bisa cepat besar dan sehat
Bagaimana kita bisa mengetahui ayam kita tumbuh sehat??
Untuk mengetahui ayam kita tumbuh cepat dan sehat, maka kita harus mengetahui juga standard berat badan ayam yg telah di rekomendasikan oleh pembekal atau penjual anak ayam tersebut, jadi jika standar berat badan tersebut kita telah mengetahuinya , tinggal menghitung ratio perbandingan dari pertumbuhan berat badan yang actual dengan pertumbuhan berat badan yang di anjurkan oleh pihak penjual tersebut.

So... lebih di anjurkan kita membeli anak ayam dari pembekal yang sudah bisa di pertanggung jawabkan kualitas nya, OK saya rasa anda sudah faham dengan bagai mana memilih pembekal anak ayam yang bisa di pertanggung jababkan kualitas nya.
Mari kita lanjutkan pada pokok pembahasan.

Saya akan sedikit membahas tentang teknikal management. Karena teknik peternakan lebih penting dari pada memberi makanan. walaupun makanan adalah faktor segala2nya, akan tetapi fungsi makanan tidak akan berhasil dengan baik, jika teknik peternakan yang di terapkan kurang baik.

Untuk meng-optimalkan pertumbuhan anak ayam, harus memperhatikan pertumbuhan dalam pencapaian berat badan 7 hari, merupakan penanda bahwa pengurusan eraman itu berhasil. jika anda bingung silahkan baca dulu artikel sebelumnya di "supaya ayam cepat besar"

Dan jika berat badan yang actual berada di bawah standard yang di rekomendasikan, maka bisa di katakan pengurusan eraman tersebut gagal. lebih baik anda baca dulu bagai mana cara menghitung berat badan ayam.

Kenapa pengurusan Eraman gagal?
Penyebab utamanya, Berat badan awal yang tidak mengenai target atau actual berat badan yang kurang maksimal di sebabkan oleh pengambilan makanan yang rendah.

Adapun faktor2 lain yang harus di perhatikan adalah:
Yang pertama:
Pada hari pertama atau baca dulu pengurusan ayam sebelum 24jam Butiran Makanan ayam terlalu besar, jadi.... jika butiran makanan tersebut terlalu besar, maka anak ayam akan kesulitan untuk mengambil makanan atau makan.

Walaupun itu terjadi di hari pertama, maka kebiasaan ayam mengkonsumsi makanan yang sedikit (kurang kenyang) akan berterusan sampai hari-hari berikutnya, dan hasilnya ayam tidak bisa makan sebanyak yang di anjurkan.
Jadi secara logika, bagai mana ayam tersebut bisa besar?? sedangkan makan nya juga sedikit?

Yang kedua:
Jumlah makanan yang tidak mencukupi, dan atau ruang tempat makanan yang tidak sesuai untuk ayam kecil (D.O.C).
Periksa anak ayam selepas 2 jam selepas di sebar atau di masukan kedalam lingkaran, Pastikan anak-anak ayam tsb nyaman dalam suhu lingkaran brooder.

Pemeriksaan tembolo (crop) merupakan langkah yang berguna untuk menilai keberhasilan anak2 ayam dalam mencari atau mengkonsumsi makanan.
Koleksi foto www.muksin.com


Caranya:
Pilih secara random atau acak, 100 ekor anak ayam dan sentuh atau raba pada bagian tembolok anak ayam.
Jika tembolok tersebut keras dan penuh dengan makanan, artinya ayam tersebut tidak minum secara sempurna maka tidak hanya makanan saja yang harus di perhatikan, Fungsi minuman juga sangat penting karena vitamin yang kita berikan pada pemeliharaan tersebut adalah lewat minuman, jadi sangat di anjurkan ayam minum dengan baik dan sempurna untuk menunjang pertumbuhan nya kelak.

Dan perhatikan apakah tempat minum ayam tersebut pada posisi yang benar?? sehingga anak2 ayam tidak bisa mengambil air minum dengan baik?
yang harus di perhatikan adalah, coba lihat apakah tempat minum terlalu tinggi? atau apakah ayam kesulitan untuk mengambil air minum?
-----
Note:
Ayam minum di tempat makan
Kalau saya ketika ayam datang ke kandang, pertama ayam harus minum terlebih dahulu, dan gallon serta tempat makanan atau chick tray, semuanya di isi dengan air vitamin, dan biarkan ayam minum selama satu jam, ayam harus di giring secara terus menerus jangan sampai ayam tidur, setelah ayam minum selama satu jam maka selanjutnya saya akan mengganti tempat makanan dan akan di isi makanan, jadi sekurang2nya ayam sudah minum terlebih dahulu. seperti anda lihat dalam gambar di atas, gambar ayam di atas juga masih dalam kondisi minum, tempat gallon dan tempat makanan saya gunakan dengan mengisi air vitamin, agar ayam bisa minum vitamin dan antibiotik secara maksimal.
----


mari kita lanjutkan.
Jika tembolok amak ayam tersebut kembung dan penuh dengan air, maka anak ayam tersebut tidak mengkonsumsi makanan dengan baik? (ini kebalikan dengan yang di atas) kalau yang di atas ayam terlalu banyak makan dan kurang minum, tapi di sini ayam tidak makan dan banyak minum.

Jadi harus benar2 di perhatikan, maka hasil yang baik adalah tembolok tersebut harus penuh dengan makanan dan lembut (karena di isi dengan air) artinya jika isi tembolok lembut makan anak ayam telah mengkonsumsi makanan dan minuman, minuman adalah campuran vitamin dan antibiotik, jadi alangkah pentingnya fungsi makanan dan minuman untuk membantu proses pertumbuhan ayam yang cepat besar dan maksimal.

sumber : http://fadhilahluthfi.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...