Selasa, 13 November 2012

Aturan berpakaian saat di dalam kandang ayam

Aturan berpakaian saat di dalam kandang ayam
Pakaian merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian dalam dunia peternakan. Karena pakaian bisa menjadi salah satu sarana masuknya bibit penyakit ke dalam lokasi peternakan. Sehingga sebagian besar peternakan menerapkan apa yang dinamakan Bio Savety dan Bio Security.

Beberapa contoh penerapannya yaitu :

Tingkat 1 : Penyemprotan saja

Setiap orang yang memasuki lokasi peternakan tetap menggunakan pakaian yang mereka pakai dari luar, namun mereka harus melalui lorong yang secara otomatis menyemprotkan cairan desinfektan. Setelah melewati lorong tersebut barulah pengunjung boleh memasuki lokasi peternakan. Cara ini biasa diterapkan pada peternakan ayam petelur komersial atau telur konsumsi. Juga diterapkan pada peternakan ayam tipe pedaging.

Tingkat 2 : Ganti pakaian dan penyemprotan

Setiap orang yang memasuki lokasi peternakan diharuskan berganti pakaian dengan pakaian khusus yang telah disediakan oleh pihak pemilik peternakan. Kemudian mereka harus melewati lorong untuk dilakukan penyemprotan cairan desinfektan. Setelah itu barulah bisa memasuki lokasi peternakan. Cara ini biasa diterapkan pada peternakan ayam breeder sistem open house. Yakni peternakan Breeder dengan sistem kandang terbuka.

Tingkat 3 : Mandi, Ganti Pakaian, Mandi dan Ganti pakaian lagi.

Urutannya adalah :

Ketika akan memasuki lokasi peternakan, setiap pengunjung diharuskan mandi keramas terlebih dahulu dan berganti pakaian dengan pakaian khusus lokasi peternakan. Barulah pengunjung bisa memasuki lokasi peternakan. Kemudian jika pengunjung ingin memasuki lokasi kandang, mereka diharuskan mandi lagi di shower yang telah disediakan di setiap kandang kemudian berganti pakaian dengan pakaian khusus kandang.

Hal ini juga berlaku untuk sebaliknya yaitu ketika akan keluar dari lokasi kandang. Untuk meminimalkan penularan penyakit dari satu kandang ke kandang lain. Cara ini biasa diterapkan pada peternakan ayam sistem close house. Yakni peternakan dengan sistem kandang tertutup.

Ada baiknya jika pakaian yang dipakai di lokasi kandang menggunakan warna yang sama setiap harinya. Hal ini untuk menghindari stress pada ayam. Jadi jika anda biasa memakai pakaian warna putih maka ada baiknya anda memakai warna putih untuk seterusnya.
(sumber: masjiir.wordpress.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...