Rabu, 14 November 2012

Menimbang ayam, untuk mengetahui perkembangan bobot ayam

Menimbang ayam, untuk mengetahui perkembangan bobot ayam
Timbang sampel atau menimbang ayam merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan dalam suatu peternakan,  biasanya dilakukan seminggu sekali dengan jumlah sampel 1 % hingga 2 % dari total jumlah ayam. Hal ini dilakukan untuk mengecek perkembangan berat badan ayam. Dengan diketahuinya berat badan ayam, maka peternak bisa mengetahui apakah ayam yang dipeliharanya sudah mencapai berat badan standar, masih kurang atau malah melebihi standar.

Jika ternyata berat badan kurang dari standar, maka peternak akan segera mengevaluasi dan memikirkan berbagai kemungkinan
1. Jumlah pakan yang diberikan kurang.
2. Jumlah pakan yang diberikan cukup tapi konsumsi ayam yang kurang
3. terjadi kelainan pada ayam sehingga tidak dapat mencapai berat badan standar

Setelah dilakukan evaluasi dan ditemukan sebabnya maka peternak akan segera melakukan tindakan untuk mengatasinya sehingga berat badan ayam bisa mencapai standar. Hal yang sama dilakukan jika berat badan ayam melebihi standar. Hanya ada sedikit perbedaan dalam tindakan yang dilakukan.

Dalam kehidupan sehari-hari pun begitu, kita perlu melakukan pengecekkan atas perkembangan diri kita. Sehingga kita bisa mengevaluasi atas diri kita. Bukankah hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari besok harus lebih baik dengan hari sekarang?

(sumber:masjiir.wordpress.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...