Rabu, 07 November 2012

Pakan untuk ayam serama

Pakan untuk ayam serama
Pakan yang cukup menjadi kunci agar serama tumbuh dengan baik.

1. Konsentrat
contoh pakan pabrik yang kerap digunakan adalah Goldcoin 105. Pakan starter itu diberikan kepada anakkan serama umur 1 bulan. Setelah berumur lebih dari 1 bulan menggunakan pakan grower Goldcoin 107. Masing-masing pakan itu dikombinasikan dengan jagung halus dengn perbandingan 2:3. Pakan diberikan 2 kali sehari pukul 09.00 dan 19.00 .

2. Kombinasi pakan
Untuk anakan berumur 1 bulan : Voer 511, Tepung Jagung dan dedak dengan perbndingan 1:1:1. saat remaja  dan dewasa campuran pakan : Voer 511, jagung halus, dedak dan beras merah 1:1:2:1. untuk induknya perbandingan pakan ayam serama 1:1:1:1. Campuran pakan dicampur dengan sedikit air hingga terlihat basah sehingga ayam tidak pilih-pilih pakan dan juga membantu pencernaan.

3. Beras hijau
Beras hijau rendah karbohidrat dan kaya serat. Sehingga ayam serama merasa kenyang, tapi tidak mengakibatkan kegemukkan.

4. Pepaya
Pepaya berperan melancarkan pencernaan. Usus serama yang pendek membuat ayam rentan sembelit jika makanan menumpuk di saluran pencernaan. Karena itu diperlukan makanan tambahan yang melancarkan pencernaan. Pepaya juga laya vitamin c yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh ayam serama

5. Daun bambu
Daun bambu dapat meningkatkan kekebalan tubuh ayam serama. Dalam pengobatan cina, daun bambu memang kerap digunakan sebagai obat.

6. Minyak ikan
Minyak hasil ekstrak lemak ikan dipercaya dapat mengkilapkan bulu ayam serama, karena mengandung vitamin E tinggi dan dapat merangsang nafsu makan ayam serama.
(sumber: serarama.blogspot.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...