Rabu, 29 Mei 2013

Berikan vitamin pada ayam saat cuaca panas

Berikan vitamin pada ayam saat cuaca panas

Saat cuaca panas air minum sebaiknya ditambahkan vitamin, bukan obat. Vitamin yang dapat diberikan antara lain Vita Stress atau Aminovit yang mengandung vitamin dan elektrolit. Kandungan elektrolit dan vitamin dalam kedua produk tersebut akan membantu meningkatkan stamina tubuh ayam dan menurunkan pengaruh stres panas. Selain pemberian vitamin dan elektrolit tersebut, hal yang juga harus dilakukan ialah dengan mengatasi faktor penyebab panas, seperti dengan memberikan tambahan kipas atau blower.

Jumlah dan distribusi air minum juga harus diperhatikan, jangan sampai tempat minum ayam (TMA) kosong (air habis) dan distribusinya tidak merata. Kualitas air minum juga harus diperhatikan. Saat cuaca panas, perkembangan mikroorganisme patogen di dalam saluran air (paralon) relatif cepat sehingga harus lebih hati-hati.

Konsumsi ransum pada saat kondisi ini biasanya akan menurun, namun hal yang perlu diperhatikan pastikan jumlah konsumsi ransum ayam tetap sesuai standar. Atur waktu atau periode pemberian ransumnya, jika perlu ransum diberikan pada malam hari.
(sumber: info.medion.co.id)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...