Selasa, 14 Mei 2013

Pakan untuk ayam ketawa

Pakan untuk ayam ketawa
Pakan ayam ketawa sekarang ini sudah tidak sama dengan pakan asli ayam ketawa yang digunakan Suku Bugis, di Bugis sendiri untuk memberi makan ayam ketawa dewasa banyak menggunakan pakan gabah kering, Ini dimaksudkan agar suara kokok ayam ketawa menjadi lebih nyaring dan bening . Sebab gabah yang dimakan ayam tersebut dapat berfungsi untuk membersihkan lendir pada tenggorokan ayam ketawa,dengan kata lain berfungsi sebagai korok tenggorokan ayam ketawa tersebut agar tidak gatal.

Hasilnya suara ayam ketawa makin khas jadi makin panjang dan tinggi, pemberian pakan gabah sendiri ada caranya yaitu, gabah kering sebelum diberikan untuk pakan ayam ketawa direndam air dulu selama satu malam, pada saat direndam biasanya gabah yang tidak berisi/gabuk akan mengambang, lalu gabah yang tidak berisi/gabuk tersebut dibuang. Besoknya gabah yang direndam semalam tadi setelah airnya dibuang kemudian disajikan untuk pakan ayam.

Namun karena dikota – kota besar mencari gabah sangat susah, kita tidak perlu khawatir karena karakter ayam ini tidak jauh berbeda dengan ayam lainnya.Jadi, makanannya pun  cukup diberi poer , jagung dan rajangan sawi hijau seperti ayam kampung lainnya.

Sedangkan pakan untuk ayam ketawa anakan, biasanya menggunakan BR sampai umur sekitar 2 bulan, kemudian setelah diatas umur 2 bulan bisa dicampur dengan jagung halus , yang dapat dibeli di toko toko yang menyediakan pakan untuk ayam.Setelah ayam ketawa berumur 3 bulan ke atas,ayam bisa juga di beri makan nasi yang di campur dengan AD 1 atau juga bisa di tambah BR sedikit.AD satu berfungsi untuk pembentukan tulang ayam ketawa agar fisik ayam tersebut kokoh.

(sumber : http://ayamketawajog.blogspot.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...