Selasa, 11 September 2012

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memanen ayam

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memanen ayam
Sebelum memanen ayam peliharaan anda, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya yaitu : Membuat jadwal untuk kandang yang akan dipanen sesuai ukuran berat ayam dan letak kandang. Ini merupakan langkah persiapan sebelum ayam dipanen. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan tim tangkap sesuai dengan kebutuhan anda.

Persiapan peralatan panen yaitu timbangan, alat tulis, surat jalan, nota timbangan, tali rafia, keranjang ayam, dan lampu senter. Kemudian buatlah laporan stok ayam dan mengambil sampel dahulu untuk ditimbang sehingga saat dipanen akan sesuai dengan ukuran yang telah dilaporkan.

Jangan memberi pakan secara penuh pada ayam yang akan dipanen agar sisa pakan dalam tempat pakan tidak banyak. Anda boleh memberikan vitamin pada ayam yang akan dipanen namun hindarilah antibiotik. Kondisi ayam yang dipanen harus bebas dari antibiotik minimum 5-14 hari sebelum panen, tergantung jenis antibiotik yang dipakai. Ingat, pemberian antibiotik hanya akan memacu kerja organ tubuh menjadi berat sehingga ayam tidak akan tahan terhadap stress fisik.
(sumber: ternak-ayambroiler.blogspot.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...