Selasa, 25 September 2012

Pakan untuk ternak ayam serama

Pakan untuk Ternak Ayam Serama sebenarnya tidak ada bedanya dengan pakan ayam-ayam lain.Yang harus diperhatikan adalah kandungan protein dan vitamin yang terdapat dalam pakan, Karena makanan merupakan kunci ayam serama tumbuh dengan baik.

Berikut pakan ternak ayam serama yang baik :

1. Konsentrat
Pakan pabrik yang sering digunakan adalah Goldcoin 105.Pakan awal diberikan kepada anakan serama umur 1 bulan.Setelah berumur lebih dari 1 bulan,maka makanan yang bagus adalah grower 2:3.Pakan diberikan sekitar pukul 09.00 dan 19.00

2. Kombinasi makanan
Bagi anakan berumur 1 bulan : Voer 511 ,dapat menggunakan Tepung jagung dan dedang perbandingan 1:1:!.Saat remaja dan dewasa campuran pakan : Voer 511,jagung halus,dedak dan beras merah 1:1:2:!.Bagi induknya perbandingan pakan ayam serama 1:1:1:1.Campuran pakan dengan sedikit air agar terlihat basah.

3. Beras Hijau
Beras hijau adalah makanan yang rendah karbohidrat serta kaya akan serat. Sehingga ayam serama merasa kenyang, tapi tidak mengakibatkan kegemukan.

4. Daun bambu
Daun bambu ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh serama.

5. Minyak Ikan
Minyak yang hasil ekstrak lemak ikan dipercaya dapat mengkilapkan bulu ayam serama,karena minyak ikan mengandung vitamin E tinggi dan merangsang nafsu makan serama.

6. Buah pepaya
Berperan melancarkan pencernaan.Usus serama yang pendek membuat ayam rentan sembelit jika makanan menumpuk di pencernaan.
(sumber: pesonaserama.blogspot.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...