Selasa, 18 September 2012

Manfaat koran untuk alas anak ayam (DOC)

Manfaat koran untuk alas anak ayam (DOC) - Surat kabar (koran, malajah, tabloid) baik yang terbit harian, mingguan, dwi mingguan atau bulanan pada umumnya menyajikan berita kejadian yang terjadi di dalam dan di luar negeri. Sehingga konsumsi nya bersifat sekali pakai (sekali baca usai) kecuali rubrik/kolom tertentu yang mungkin kita memerlukannya suatu saat maka rubrik/kolom tersebut perlu kita gunting dan kita arsip (kliping). Dengan demikian keberadaan kertas koran dan yang lainnya akan semakin menumpuk seiring dengan bertambahnya waktu. Kalau anda mau menjual secara kiloan kertas koran tersebut berapa kira-kira harga selembar kertas koran? Tentu tidak ada nilainya kecuali kalau kertas koran tersebut telah terkumpul satu karung atau lebih.

Dalam usaha perawatan anak ayam ketika masih kecil (DOC), ternyata koran memberi arti yang begitu besar. Mungkin selama ini belum terpikirkan oleh anda sekalian bahwa kertas koran bisa membantu anda untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pemeliharaan anak ayam atau unggas secara umum. Fungsi kertas koran pada pemeliharaan anak ayam antara lain :
  • Menghalangi tercampurnya bahan alas (sekam, serbuk gergaji, pasir atau lainnya) dengan pakan sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pakan
  • Menyerap cairan kotoran ayam sehingga kotoran ayam akan cepat kering
  • Membantu menciptakan kondisi dalam kandang bersih, hangat dan aman
  • Mengurangi pengaruh debu yang bisa menyebabkan penyakit pernafasan pada anak ayam
  • Mencegah kaki anak ayam terluka karena mungkin terdapat sesuatu pada bahan alas yang dapat membuat luka kaki anak ayam
Oleh karenanya penggunaan kertas koran pada masa awal pemeliharaan DOC perlu untuk dicoba dan diterapkan. Selama ini kita selalu berusaha menekan biaya operasional mulai dari harga bibit, sapronak, pakan, tenaga kerja dan yang lainnya. Kertas koran sangat murah akan tetapi arti/nilai/sumbangsingnya dalam mencapai hasil yang maksimal tidak perlu anda ragukan lagi.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam masalah ini :
  • Penggantian kertas koran sebagai penutup alas kandang dilakukan minimal 2x dalam sehari.
  • Ganti kertas koran yang sudah terlihat basah karena tertumpah air minum atau karena kotoran yang cair.
  • Ganti kertas koran yang sudah sobek.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...