Kamis, 13 September 2012

Mencampur air dengan ransum supaya napsu makan ayam menigkat

Mencampur air dengan ransum supaya napsu makan ayam menigkt
Mencampur air dengan ransum ayam pada sore hari untuk menambah nafsu makan bisa anda lakukan untuk menambah napsu makan ayam, tapi harap di ingat beberapa hal di bawah ini :

Penambahan air jangan terlalu banyak. Selain itu, air dan ransum juga harus dicampur secara homogen

Usahakan ransum yang sudah dicampur air segera habis dikonsumsi dalam waktu 2-3 jam. Jika ransum tidak segera habis atau bersisa, menjadi busuk dan akan menyebabkan ransum ditumbuhi jamur (jamur tumbuh pada suhu 25–40°C, pH 5.5–7, kadar air >18% dan kelembaban 80%) serta memicu datangnya lalat ke kandang. Agar ransum cepat habis dikonsumsi, sebaiknya lakukan pembolak-balikkan ransum untuk merangsang ayam makan

Contoh produk vitamin Medion yang dapat diberikan untuk merangsang nafsu makan ialah Aminovit atau Fortevit. Pemberian Aminovit dan Fortevit, secara tidak langsung dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena kandungan multivitamin di dalamnya mampu menjaga kondisi tubuh ayam petelur tetap prima dan sehat sehingga berproduksi optimal.

Kejadian penurunan nafsu makan di siang hari diakibatkan oleh suhu lingkungan yang tinggi (>28-30°C) sehingga ayam stres. Langkah terbaik selain mencampur air ke dalam ransum untuk merangsang nafsu makan ialah menciptakan kondisi kandang yang nyaman bagi ayam. Contohnya dengan menambah kipas (fan) untuk memperlancar sirkulasi udara dalam kandang.
(sumber: infomedion.co.id)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...