Jumat, 19 Oktober 2012

Ciri-ciri ayam terkena penyakit kolera dan cara pengobatan dan pencegahannya

Ciri-ciri ayam terkena penyakit kolera dan cara pengobatan dan pencegahannya
Ciri-ciri ayam terkena penyakit kolera dan cara pengobatan dan pencegahannya - Penyebab penyakit kolera adalah bakteri Pasteurella gallinarum atau Pasteurella multocida. Biasanya menyerang ayam pada usia 12 minggu. Penyakit ini menyerang ayam petelur dan pedaging. Serangan penyakit ini bisa bersifat akut atau kronis. Ayam yang terserang kolera akan mengalami penurunan produktivitas bahkan mati. Bakteri ini menyerang pernapasan dan pencernaan. Kolera dapat ditularkan melalui kontak langsung, pakan, minuman, peralatan, manusia, tanah maupun hewan lain. Pada serangan akut, kematian dapat terjadi secara tiba-tiba.

Sedangkan pada serangan kronis didapatkan gejala sbb:
  • napsu makan berkurang
  • sesak napas
  • mencret
  • kotoran berwarna kuning, coklat atau hijau berlendir dan berbau busuk
  • jengger dan  pial bengkak serta kepala berwarna kebiruan
  • ayam suka menggeleng-gelengkan kepala
  • persendian kaki dan sayap bengkak disertai kelumpuhan
Diagnosis secara tentative dapat didirikan atas riwayat unggas, gejala dan lesi postmortem. Sedangkan diagnosis definitive didapatkan pada isolasi dan identifikasi organisme ini.

Pengobatan :
Pengobatan kolera dapat dilakukan dengan menggunakan preparat sulfat atau antibiotik seperti noxal, ampisol atau inequil.

Tindakan pencegahan :
Pencegahan sangat penting dilakukan antara lain dengan menjaga agar litter tetap kering, mengurangi kepadatan kandang, menjaga kebersihan peralatan kandang dan memberikan vitamin dan pakan yang cukup agar stamina ayam tetap terjaga.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...