Selasa, 16 Oktober 2012

Tentang telur ayam kampung dara

Telur ayam kampung dara adalah ayam kampung muda yang baru pertama kali bertelur. Telur ayam ini di daerah kami biasa menyebut telur tembean (jawa). Tembe berarti baru sehingga telur tembean berarti baru bertelur pertama kali. Dalam kasus ini telur ayam yang akan ditetaskan mempunyai mutu yang kurang baik. Jika pada saat telur pertama kali keluar mempunyai mutu yang kurang baik, tentu kita sebagai peternak ayam akan memenegemen ternakan kita. Dalam peternakan ayam kampung sering kita mengabaikan manfaat telur ayam kampung dara ini. Untuk itu kami ingin berbagi tentang telur ayam tembean atau telur ayam kampung dara tersebut. Dan apa yang harus kita lakukan untuk telur ayam tersebut.

Ciri-ciri telur ayam tembean
1. Masih ada bercak darah pada cangkang telur
2. Bentuk masih tidak merata ujung halus sementara ujung yang lain masih ada bintik-bintik dan jika diraba akan terasa kasar
3. Ukuran telur lebih kecil
4. Tidak ada air saat keluar karena diselimuti darah
5. Bobot lebih berat

Untuk poin 5 saya sendiri sudah membandingkan dengan telur yang keluar ke-2 dst. Tapi ini hanya opini penulis saja. Untuk ketepatannya silakan mencari informasi yang lebih mendetail.

Di Indonesia khususnya di pulau Jawa banyak berkembang kepercayaan atau mitos bahwa telur ayam kampung dara mempunyai nilai magis yang kuat. Sehingga banyak orang Jawa mencari telur ayam kampung dara ini.


Mitos Telur Tembean
Adapun mitos tentang telur ayam kampung dara yang berkembang di masyarakat adalah :
1. Pengobatan
Banyak orang percaya bahwa telur ayam tembean ini dapat dijadikan obat untuk berbagai penyakit. Seperti tedun, penyakit kelamin dll. Entah apa yang menjadikan telur ayam ini dapat begitu mujarab dan orang percaya.
2. Tolak bala
Nenek moyang kita percaya bahwa jika di area sekitar rumah dipasangi telur ayam dara maka dapat mengusir roh jahat. Tapi itu semua dari kepercayaan masing-masing. Di tempat kami masih banyak orang yang mencari telur ayam dara ini untuk hal tersebut.
3. Penglaris
Bagi orang yang berkecimpung di dunia bisnis tentu berbagai usaha akan dilakukan demi kelancaran bisnisnya. Salah satunya mereka percaya dengan menyimpan telur ayam dara produknya akan laku dan berkembang bisnisnya. Jika ini benar saya bisnis telur ayam kampung dara bisa jadi saya jadi jutawan kali ya? :(
4. Rasa telur lebih enak
Saya sendiri suka makan telur ayam kampung. Tetapi untuk membedakan  rasa saya tidak bisa membedakannya. Tapi sebagian orang percaya bahwa telur ayam kampung dara lebih nikmat.

Upaya peternak
Banyak cara yang harus dilakukan peternak ayam jika menemukan kejadian tentang telur ini. Sehingga peternak akan mendapatkan hasil yang optimal tidak saat kita mendapatkan ayam dari hasil telur ini. Adapun upaya yang kami lakukan untuk mendongkrak kualitas peternakan kami yaitu :
1. Tidak menetaskan telur yang baru pertama kali keluar tersebut
2. Menjual harga telur dengan harga lebih tinggi dari telur yang sudah bertelur sebelumnya
3. Membuktikan mitos tersebut
4. Mencari info tentang kandungan nutrisi dari telur ayam tersebut
5. Perbandingan antara telur yang sudah bertelur sebelumnya.
6. Mengganti pejantan jika ukuran telur kurang standar (kualitas peternakan kami)
7. Menemukan kekurangan atas telur bisa jadi telur yang keluar tidak fertil.

Jika proses keluarnya telur tidak dengan pembuahan dari pejantan maka alangkah baiknya kita teliti apakah telur tersebut telur fertil atau tidak. Jangan sampai kita menetaskan telur ayam yang tidak dibuahi oleh pejantan karena hal tersebut adalah sia-sia.

Sementara ini yang dapat kami bagikan kepada pembaca sekalian atas telur ayam kampung dara / tembean. Lihat juga artikel kami sebelumnya tentang telur ayam kampung asli. Semoga artikel kami bermanfaat bagi sahabat ternak. Jika ingin menambahkan kritik saran artikel tersebut kami sangat senang sekali.
(sumber: ternakayamkampung.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...