Selasa, 30 Oktober 2012

Mencegah kelumpuhan pada ayam pelung

Mencegah kelumpuhan pada ayam pelung
Sebagaimana telah kita ketahui bersama, kalo ayam pelung memiliki postur yang besar, dan tinggi. Bahkan bobotnya bisa mencapai 8 Kg. Sudah selayaknyya ayam ini memiliki penopang (kaki) yang kuat untuk menyangga sang badan yang jumbo. Oleh karena itu, untuk perawatan nya di butuhkan asupan kalsium yang lebih banyak jika dibandingkan dengan ayam-ayam lain atau unggas lain.

Pengalaman penulis beternak ayam pelung, telah menemui berbagai macam penyakit salah satunya adalah lumpuh. Lumpuh yan terjadi pada ayam pelung di mulai dari usia 2-3 bulan (pengalaman penulis). Berbagai pengobatan telah di coba, mulai dari memberikan obat di warung pakan ternak sampai ke dokter. kalo di hitung-hitung sudah cukup banyak biaya yang dikeluarkan untuk mencoba mengobati penyakit ini (jutaan).
Memang sangat betul pernyataan pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, saya yakin mencegah tidak membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan untuk melakukan pengobatan pada penyakit lumpuh.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini :

  • Usaha pencegahan harus dimulai dari saat induk tersebut bertelur,berikan induk asupan vitamin dan calsium yang cukup. seperti dengan memberikan vit Bkomplek s maupun calsium dari calk.
  • Asupan makanan juga harus bagus, hal ini bisa dilakukan dengan cara mencampurkan makanan dengan tambahan mineral khusus untuk ayam
  • Sebaiknya ayam-ayam selalu mendapatkan sinar matahari langsung sehingga pengolahan vitamin D bisa lebih sempurna.
  • Berikan vitamin B Komplek dan calk secara rutin pada anak-anak ayam.
  • Berikan air minum secara tak terbatas, karena kekurangan cairan juga dapat memicu kelumpuhan,
  • Jaga berat badan ayam agar selalu ideal, sehingga tidak overweight.
Jjika hal-hal tersebut sudah dilakukan dan ayam tetap lumpuh, maka bisa kita obati dengan beberapa obat yang mengandung vit b komplek, mineral dan calsium. lebih baik lagi konsultasikan dengan dokter. jika pengobatan sudah dilakukan dan dlm 2 minggu tidak ada perubahan, maka dapat disimpulkan bahwa ayam tersebut sudah tidak bisa sembuh dari penyakit lumpuh.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...