Sabtu, 20 Oktober 2012

Macam-macam bentuk pakan ayam kampung

Macam-macam bentuk pakan ayam kampung
Pakan ayam dibuat dengan berbagai bentuk dan jenis serta kegunaanya. Pemberian pakan ayam yang tidak sesuai dengan kegunaannya akan berakibat diare, kurang nafsu makan dan lebih parah lagi menimbulkan kematian. Adapun jenis pakan ayam kampung berdasar bentuknya adalah :

1. Pelet/Butiran
Pelet sebenarnya berasal dari kata "pullet" yang artinya ayam dara. Pullet sendiri dalam pengucapannya lebih gampang adalah pelet. Jenis pelet ini khusus untuk ayam dara dan ayam kampung dewasa seperti artinya dalam bahasa inggris. Bentuk pelet sendiri menurut kami adalah butiran atau bijian utuh. Jadi jenis pakan ini tidak cocok untuk anak ayam.

2. Crumble/Butiran pecah

Sama seperti pelet hanya saja berbentuk butiran atau bijian pecah. Sering kita temui bentuk crumble adalah BR1 yang sebenarnya pakan untuk ayam broiler atau ayam ras. Pakan crumble lebih cocok untuk anak ayam usia 1 bulan keatas. Jenis pakan ini tidak cocok untuk anak ayam di bawah usia 1 bulan.

3. Mash/Tepung
Jenis mash jika kami artikan adalah berbentuk tepung. Biasanya untuk campuran pakan pokok atau khusus untuk ayam usia 1hari sampai 1 bulan. Namun bentuk tepung ini jarang dijumpai di pasaran sehingga kita harus membuat sendiri pakan ayam bentuk mash ini.

Dari ketiga jenis pakan ayam berdasar bentuk di atas perlu adanya metode pemberian pakan agar tujuan dari beternak kita tercapai. Memang jenis pakan di atas jika disajikan dengan asal-asalan akan merugikan kita sebagai peternak ayam kampung. Semoga bermanfaat dan Salam sukses! 
(sumber: .ternakayamkampung.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...