Sabtu, 06 Oktober 2012

Ciri-ciri umum gejala ayam sedang sakit

Ciri-ciri umum gejala ayam sedang sakit
Ciri-ciri umum gejala ayam sedang sakit - Mengetahui gejala atau tanda-tanda umum ayam sakit merupakan salah satu metode pemeliharaan ayam kampung. Dengan mengetahui apa saja tanda tanda ayam yang sakit maka peternak dapat mengatasi masalah penyakit ayam ternakannya. Sehingga penanganan masalah tentang penyakit ayam nantinya berjalan dengan tepat, efektif dan efisien. Dalam beternak ayam kampung tidak dikenal istilah ternak mati mendadak. Kalaupun ada yang mati pasti ada tanda-tanda umum ayam sakit.

Sebagai peternak yang perhatian dengan ternakannya (ayam kampung) maka mengetahui gejala yang terjadi dalam ayam adalah sikap bijak. Ayam yang mati secara mendadak bukan karena penyakit namun karena kelalaian peternak itu sendiri.
Pada artikel ini kami sebagai peternak ayam kampung ingin berbagi mengenai tanda-tanda ayam sakit tersebut. Adapun gejala tidak normal ayam sakit adalah sebagai berikut :


Ciri-ciri fisik ayam sakit :

1. Kepala
Kepala adalah bagian tubuh ayam yang paling sering diamati. Pada ayam yang sakit maka kepala dimasukkan di bawah sayap. Jengger tidak merah merona, pucat, hidung berair, terkadang pilek dan mata kering, sedikit sayup, serta mulut mengaga atau sering ngorok

2. Bulu
Bulu mengemang, dan terlihat bundar. 

3. Kaki
Pada kaki ayam sedikit dilipat dan tidak tegak. Akibatnya ayam sedikit lebih pendek dari ayam lainnya yang sehat

4. Perut/Teleh (bahasa jawa)
Pada bagian perut sangat kencang bahkan halus. Ini diakibatkan ayam banyak mengkonsumsi air

5. Kotoran
Ayam yang sakit kotorannya lebih encer (mencret) sedang berwarna hijau, merah, kuning, cokelat, dan putih

6. Anus
Pada kloaka atau saluran pembuangan terjadi penumpukan feses atau kotoran pada ayam. Ini disebabkan saluran pencernaan yang terganggu

Ciri-ciri aktifitas ayam sakit

1. Berdiri
Saat berdiri ayam tidak berdiri secara tegak namun sedikit membungkuk dan kaki tidak lurus

2. Tingkah laku
Pada ayam sakit kegiatan ayam akan berkurang. Ayam murung, tenang, diam dan paling parah adalah semua bagian tubuh berada di tanah (seperti induk mengeram)

3. Makan
Nafsu makan hilang (kurang makan) dan minum yang berlebihan

4. Pernafasan
Nafas terengah-engah dan mulut dibuka. Terdengar suara saat bernafas (biasanya terdengar jelas pada malam hari) dan kadang bersin saat makan

Itulah sedikit gejala yang timbul bagi ayam sakit. Dengan adanya ciri-ciri atau tanda ayam sakit tersebut maka langkah-langkah pengobatan harus segera dilakukan oleh peternak agar biaya pengobatan akan lebih efisien. Mencegah lebih baik dari mengobati bukan?
(sumber: ternakayamkampung.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...